Kenapa kaki kita bau? Apa penyebabnya?

Image

Kaki adalah salah satu area tubuh yang terkadang jarang diperhatikan oleh kita. Baik kebersihannya, kesehatannya, dan keindahannya. Maka tidak jarang, banyak masalah yang timbul akibat kurangnya perhatian terhadap kaki. Ada beberapa masalah dengan kaki yang umum dialami oleh kita, misalnya, telapak kaki pecah-pecah, kuku kaki yang kotor bahkan aroma kaki yang tidak sedap.

Aroma kaki yang tidak sedap atau yang sering kita sebut dengan bau kaki (bromhidorsis) merupakan kondisi yang sangat mengganggu penampilan dan orang-orang disekitar kita yang menciumnya. Sebelumnya kita hanya mengira bau kaki disebabkan oleh keringat atau sepatu dan kaos kaki yang kotor. Tapi terkadang sering mengganti kaos kaki juga masih saja timbul bau pada kaki. Mengapa bisa terjadi? apa ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau kaki?

 Image

 Berdasarkan informasi yang saya dapat, keringat tidak menimbulkan bau, karena keringat hanya tersusun dari mineral (Na, Cl, dan k), tetapi keringat dapat berubah menjadi bau akibat adanya bakteri yang bercampur dengan keringat pada kulit kaki. Bakteri pada kulit kaki kita dapat menguraikan lemak dan protein dalam keringat kita menghasilkan senyawa asam. Nah, senyawa asam inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada kaki kita. Sebenarnya bau itu dapat menguap dan hilang dengan cepat saat bakteri mengurauikan lemak dan protein pada kulit kita seperti pada tangan. Tetapi karena terhalang oleh kaos kaki kita maka tidak dapat menguap dengan cepat ke udara. Inilah yang menyebabkan bau kaki. Oleh sebab itu, untuk menghindari bau kaki, sebaiknya selalu mengganti kaos kaki bersih setiap hari.

Menurut beberapa sumber, bakteri yang menyebabkan bau pada kaki kita adalah bakteri actynomycetes. Dalam sebuah kuliah, saya mendapatkan informasi bahwa bakteri actinomycetes merupakan bakteri gram positif yang dapat membentuk spora biasanya memutuskan ujung filamen dalam bentuk bulat ataupun batang. Bakteri ini biasanya habitatnya di tanah tetapi ada juga yang hidup di tumbuhan dan hewan ataupun manusia sebagai patogen. Hidup pada ph diatas 6 dan sebagai bakteri anaerob fakultatif yang dapat hidup dalam kondisi ada oksigen maupun tidak ada oksigen. Bakteri pada kaki kita ini termasuk bakteri mesofil karena tumbuh pada suhu optimum saat tubuh kita beraktivitas sekitar 37-38°C.

 Image

 Gambar bakteri actinomycetes

Jadi, ada faktor lain penyebab bau kaki yang sebagian dari kita tidak dapat melansirnya karena memang disebabkan oleh mikroba yang tentu saja dari namanya ‘mikro’ yang berarti berukuran sangat kecil, tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang bagaimana mereka bisa hidup dan berkembangbiak pada kaki kita. Untuk menghindari bau kaki, kita harus mencari cara supaya si baketi actinomycetes ini tidak bisa hidup berlama-lama pada kaki kita dengan cara lebih memperhatikan kesehatan kaki, kebersihan alas kaki seperti sepatu dan kaos kaki.

Sumber :

Tarigan, Jeneng. 1988. Pengantar Mikrobiologi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

http://my.cic.ac.id/stmik/files/blogfile/2006102034-090507125502.pdf

http://dc200.4shared.com/doc/15Bkn1Vp/preview.html

http://www.pssplab.com/journal/01.pdf

http://anamarutti.wordpress.com/2012/05/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri

http://books.google.co.id/books?id=Yg2nkcSqNSQC&pg=PA74&lpg=PA74&dq=bakteri+actinomycetes&source=bl&ots=WLPkrBJm78&sig=oOlBx0cAh7iHTGIP-ImdjJ1TnAs&hl=id&sa=X&ei=WVy6T5qBHYTTrQfB6tCNDw&sqi=2&ved=0CGAQ6AEwCQ#v=onepage&q=bakteri%20actinomycetes&f=false

About these ads

116 thoughts on “Kenapa kaki kita bau? Apa penyebabnya?

  1. nah kan kaos kaki fuga berpengaruh tuh,,apakah bahan dari kaos kaki itu mempengaruhi juga pertumbuhan dan perkembangan bakteri tersebut?terus bagaimana sih kita bisa tahu kalo kaos kaki itu bersih dan sudah tidak ada lagi mikroba di kaos kaki tersebut setelah kita cuci?

  2. terus ada kan terapi ikan yang katanya untuk membantu membunuh bakteri pada kaki, artinya ikan memakan bakteri yang ada di kaki, pertanyaanya, apakah benar dengan pernyataan itu? dan apakah juga itu termasuk solusi mencegah bau kaki? jelaskan

    • iya, makasih gi infonya..
      nah sebenernya tangan juga sama dengan kaki. tp kenapa tangan gak bau? karna keringat yg ada di tangan, langsung menguap jd gak ada yg lembab dan bakteri juga gak bisa tumbuh dan berkembangbiak disitu. sedangkan kalo kaki, ketika kita berkeringat, keringatnya gak bisa langsung menguap soalnya terhambat oleh kaos kaki dan berkumpul di kaki jadilah tumbuh bakteri disitu. sebenernya gw baca artikel ini di inet, cuma maaf banget kupa alamatnya. kalo masih penasaran atau kurang jelas bisa di cari lg gi di inet.

  3. ahla ga mungkin kan kita ganti setiap hari kaos kaki?kan pemborosan la??gimana klo kita selalu menjaga kaki kita tetap kering setiap saat??kalo keadaan kaki kita ga lembab dan basah juga ga bau kan?/lagian bau kaki juga di sebabkan sama kaki kita yang menginjak sesuatu yang kotor atau partikel kecil trus ,bercampur dengan keadaan lembab,jadinya bau..bisa ga gitu?

  4. good article, saya ingin menanyakan ada sebuah article yang menyatakan bahwa untuk menghilangkan bau kaki yaitu dengan merendamkan kaki pada larutan garam hangat, nah apakah itu mempunyai pengaruhnya atau tidak? mohon berikan argument anda:)

  5. judulnya si kecil actynomycetes. yang membuat malu nih :D, selain solus yang ditawarkan diatas melia juga ngasih solusi ni biar kaki kita aman dari bau yaitu : gunakan antiperspirant di telapak kaki, Rendam kaki dengan air yang diberi baking soda, Cuci kaki dengan sabun jerawat yang mengandung benzoil peroksida, rendam kaki menggunakan obat kumur, dan lumuri kaki kita denga tepung meizena, info lebih lengkap silahakan klik http://ridwanaz.com/kesehatan/cara-mengatasi-permasalah-bau-pada-kaki/

  6. la, banyak orang yang apabila setelah menggunakan sepatu biasanya sepatunya dimasukkan koran atau kertas lalu disimpan lagi didalam kotak atau disimpan dilemari sepatu. hal seperti itu apakah hanya berfungsi untuk mengawetkan sepatu atau mencegah bakteri berkembang biak juga??

    • menurut gw ya ti, ini menurut gw loh gak berdasarkan referensi manapun. sepatu dimasukkin kertas itu gunanya supaya gak lembab, jd sisa2 kelembabannya tu diserap sm kertas itu, itu menurut mereka yang melakukan (mungkin). tapi kalo kata gw, sebaiknya kalo emang maksudnya mau menghilangkan bakteri, yaudah cuci sepatunya, atau setelah dipakai, jangan dimasukkin kaos kaki atau kertas, taro aja biarkan sepatu itu “bernafas”

  7. apakah bentuk sepatu dan bahan sepatu juga mempengaruhi bau kaki? misalnya pengunaan sepatu bebahan dasar karet yang tidak bisa menyerap keringat misalnya?

    • kalau bentuk sepatu, sy msh belum tau apa itu menyebabkan bau kaki juga. tp untuk bahan sepatu, dikutip dr sbuah artikel “Penyebab bau kaki tak sedap juga
      karena pemilihan bahan material
      sepatu yang salah. Bahan plastik
      cenderung membuat kaki
      berkeringat karena panas. Lebih baik
      pilih alas kaki berbahan dasar kain” jd bahan sepatu juga mempengaruhi penyebab bau pada kaki.

    • emm kalo luka kan otomatis kita jarang make kaos kaki kan ya nu, takutnya lengket dan malah lama sembuhnya. jadi kayaknya sangat jarang sekali luka bisa menyebabkan bau kaki, soalnya keringat juga langsung menguap karna nggak terhalang sm kaos kaki. sejauh ini, gw blm nemuin penjelasan mengenai kaki yg luka penyebab bau kaki.

    • seperi penjelasan trhadap pertanyaan nunu diatas, kalau tidak ada faktor penyebab bau kaki yg sudah dipaparkan pada artikel, kemungkinan besar bakteri tidak mudah bersarang, karena dilihat dari keadaan kaki yg luka biasanya jarang yg memakai kaos kaki atau sepatu, jd tidak ada tempat yg kiranya akan mengalami kelembaban yg lama. oleh karena itu, bakteri penyebab bau kaki jarang yg tumbuh. itu berdasarkan pemikiran gw sendiri sih hehe

    • sejauh ini berdasarkan pengalaman, sering mengganti kaos kaki dengan yg bersih merupakan cara yg lumayan efektif untuk mencegah bau kaki. tapi kalo emg msh bau juga kakinya, coba perhatikan aspek lain, mungkin keadaan sepatunya yg lembab sehingga memungkinkan bakteri mudah bersarang. kalau memang semua cara telah dilakukan, tp masih bau juga kakinya, sebaikan konsultasikan pada dokter..

    • setau gw si, bau kaki kebanyakan pada pengguna sepatu. untuk sandal, jarang ada keluhan bau kaki. karna sandal kan terbuka, jd kalaupun kaki berkeringat, keringatnya dapat langsung menguap jd ga ada bagian yg lembab..

  8. oke la, makasih infonya, Tapi masih bingung, kan di tangan juga banyak bakteri la. Ko bisa gak bau kaya di kaki ya ? Apa karna kalo di tangan langsung terpapar udara bebas ya ? Kalo di kaki pengep sama kaos kaki yang kita pakai ya ? Gitu maksudnya ya la ? :) hehe, *maap kalo bawel*

  9. “Bakteri pada kulit kaki kita dapat menguraikan lemak dan protein dalam keringat kita menghasilkan senyawa asam”
    bukannya di dalam keringat cuma terkandung mineral2 aja seperti Na, K, Cl ??
    tika masih agak kurang ngerti… hehe :)

    • begini Tika, memang keringat yg kita tau memiliki komposisi garam dan mineral saja, namun kedua senyawa tsb hanya mendominasi saja, tp ada juga beberapa senyawa yg ternyata terkandung dalan keringat. keringat pada telapak kaki kita termasuk kelenjar keringat ekrin. seperti yg tertera pada sebuah artikel ” kelenjar
      keringat ini mensekresi cairan
      jernih, yaitu keringat yang
      mengandung 95 – 97 persen air dan
      mengandung beberapa mineral,
      seperti garam, sodium klorida,
      granula minyak, glusida dan
      sampingan dari metabolisma
      seluler” nah coba kita ingat2 apa sih hasil dr metabolisme sel? lemak dan protein merupkan salah satu dr hasil metabolisme sel. jd sebenernya keringat kita juga mengandung lemak dan protein, tp karna sedikit, jd mungkin kurang terekspos keberadaannya hehe, gt Tika.. gimana?

  10. good article.
    bagaimana untuk menghilangkan bau kaki, cara yang dilakukan adalah dengan menaburkan bedak tabur pada bagian dalam sepatu sebelum dan setelah pemakain?
    apakah menurut achla hal tersebut baik dilakukan? :)

    • di beberapa artikel yg gw baca ttg solusi menghilangkan bau kaki, ada juga sih Le yg bilang kalo menaburkan bedak pada sepatu dapat menghilangkan atau mencegah bau. tp gw sendiri belum pernah nyoba hehe.. kalo pernyataan tsb sudah banyak beredar sbg solusi dr bau kaki, tentunya sudah ada yg pernah bereksperimen dan berhasil, jd sah2 saja jika ingin melalkukannya, tp tetep ya tanpa mengesampingkan kebersihan kaki itu sendiri dan sering2 ganti kaos kaki yg bersih :)

  11. bisa lebih diperjelas ga gimana caranya biar kaki ga bau? tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? biasanya pada kuku kaki yang panjang terdapat kotoran yang hitam di kukunya terutama di jempol kaki, apa itu termasuk penyebab bau kaki?

    • caranya dengan lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan kaki mad. untuk lebih jelasnya bisa diliat di sini cara2 untuk menghilangkan bau kaki → solution-teen.blogspot.com/2012/06/cara-menghilangkan-bau-kaki-yang-tidak.html?m=1
      nah kalo masalah kotoran pada kuku kaki juga dapat menyebabkan bau kaki, jd jangan biarkan kuku kaki panjang sehingga menyebabkan bakteri mudah tumbuh pada kotoran kuku kaki. lagipula kalo kepanjangan kan nanti kalo patah bisa menyebabkan cantengan.. muncul lg masalah baru.. mangkanya perhatikan kebersihan dan kesehatan kaki.

  12. achla muti mao tanya nih, waktu itu ada salah satu katalog sepatu yang didalamnya itu menjual alas khusus yang buat dislam sepatu itu la, alasnya bolong-bolong seperti menunjukkan titik-titik syaraf gitu, nah kalo alas khusus yang buat didalam sepatu itu bisa ga mengurangi bau kaki yang dialami seseorang?

    • kalo alas sih biasanya buat kenyamanan kaki kita. jd pas kita make sepatu, ditaro alas kaki tsb didalamnya, bisa membuat kaki kita lebih nyaman apalagi ada tmpt lekukan syarafnya ya mut? menurut gw sih, kayaknya gak berpengaruh thd masalah bau kaki. kalo kitanya ttp jorok dan gak memperhatikan kebersihan alas kaki tsb sehingga alas kaki kotor dan lembab, ttp aja bakteri penyebab bau kaki dapat bersarang.

  13. Nah untuk mencegah baunya itu kan ada produk orif*** menganung ecalyptus dan bla…bla..bla itu bisa mengurangi bau beneran atau nggk cla? dan berbahaya nggk buat si bakteri baiknya?

    • wah maaf bngt ya Dian, gw udah nyari referensi ttg ecalyptus itu tp gak nemu2. gw juga kurang tau kalo solusi dg bahan kimia. baru bisa share solusi mencegah bau kaki secara alami, maaf ya Dian..

  14. la, na mau tanya kan di artikel dah di sebutkan cara untuk menghindari bau kaki itu dengan lebih memperhatikan kebersihan kaki, alas sepatu, bahkan kaos kaki ya,,, nah yang ingin na tanyakan,, sebaiknya harus berapa kali mengganti kaos kaki, supaya terhindar dari bau kaki,,,?

    • berdasarkan beberapa referensi yg gw baca Na, sebaiknya setiap hari ganti kaos kaki bersih. tapi kalo ngerasa kaki kita lebih banyak memproduksi keringat dibanding kebanyakan org, sebaiknya ganti kaos kaki sehari 2x. agar meminimalisir tingkat kelembaban pada kaki dan alas kaki kita Na:)

      • berarti mesti punya banyak stock kaos kaki dong ya,,,hhhee
        nah,,, kalo ganti alas kaki atau sepatunya berapa kali?
        kan percuma juga kalo kita ganti kaos kaki tiap hari tapi alas kaki atau sepatu yang kita pakainya ga diganti,,, sama aja bohong ,,tetep bau nantinya kaki kita,,

        • gak perlu banyak2 Na, cukup 3 kaos kaki juga bisa asal rajin dicuci hehe
          iya benet bngt Na, mangkanya itu kalo kita abis pake sepatu, lgsg taro di tpt yg berangin2 supaya sepatunya gak pengep. trs kalo bisa sih, kita punya minimal 2 sepatu jd sehari ganti sehari ganti. biar ada jeda waktu juga buat sepatunya istirahat. tdk boleh lupa juga, minimal seminggu skali dicucilah sepatunya ;)

  15. la selain kita harus rajin mengganti kaus kaki untuk terhindar dr bau kaki, apakah sepatu mesti rajin dibersihkan juga? kan didalam sepatu juga ditumbuhi bakteri. dan dalam jangka waktu berapa hari kita harus membersihkan sepatu? lalu bagaimana cara menghilangkan bau kaki secara alami?

  16. Yup, betul banget tuh de. tambahan ja buat artikel kamu, di kulit kaki ada kelenjar keringat lebih banyak dari permukaan kulit lain. Ada sekitar 250.000 kelenjar keringat adalah sepasang kaki manusia. Bau kaki biasanya disebabkan oleh kaki yang berkeringat sehingga menyebabkan bakteri dapat tumbuh dengan cepat, karena lingkungan yang lembab merupakan tempat yang optimal untuk pertumbuhan bakteri. Ada sekitar 1 triliun bakteri ditemukan pada masing-masing kaki. Jadi, gak aneh kalau bau tercium dari kaki. Yang aneh adalah yang tidak cekatan untuk mengganti kaus kakinya yang sudah bau. Hehe.. http://valeriedavine.com/did-you-know-there-are-about-1-trillion-bacteria-on-the-human-feet.html

    kulit permukaan luar yg sudah pecah juga merupakan pintu masuk bagi kuman untuk merusak ke jaringan yg lebih dalam..kalau begitu ayoo jaga kesehatan kaki kita dengan langkah preventif yaitu ganti kaos kaki tiap hari . good article la
    sumber : http://oketips.com/3389/tips-perawatan-kaki-7-cara-menjaga-kesehatan-kaki/

    • Yg aku tau, kapur sirih biasanya digunakan untuk menghilangkan bau badan Lam, aku gak tau kl kapur sirih bisa ngilangin bau kaki juga, soalnya kan jenis keringatnya juga berbeda. Mungkin kalo Nilam punya info mengenai ini bisa dishare ke sini :)

  17. memang kebersihan kaki harus terjaga..
    ingin menambahkan..
    jangan menggunakan kaos kaki bergantian dan pakainya juga sehari sekali, jangan dipakai berkali-kali.
    kebersihan sepatu juga harus diperhatikan. jangan memakainya dalam kondisi yang lembab. dan rutinkan menjemur sepatu di bawah sinar matahari.

    • keringat di badan berbeda sama keringat yg muncul di kaki ca. dr mulai kelenjar yg mengeluarkannya, sampai kondisi tpt keringat itu keluar.
      “Salah satu faktor yang
      mempengaruhi bau di badan
      seseorang adalah aktivitas dari
      kelenjar apokrin yang berfungsi
      meminyaki bulu dan rambut di
      tubuh. Aktivitas ini dipengaruhi
      pula oleh hormon. Umumnya bau di ketiak dan kelamin lebih menyengat
      dibanding bagian tubuh lain
      karena bulunya lebih lebat
      sehingga kelenjar apokrinnya
      lebih aktif. Disitu keringat
      bercampur dalam ruang
      tertutup sehingga memicu
      berkembang biaknya kuman”
      jadi kesimpulannya, bau badan beda dng bau kaki. kalo bau badan rata2 setiap org berbeda. kalo bau kaki, rata2 sama aja baunya gitu2 aja ca hehehe

    • keringat di badan berbeda sama keringat yg muncul di kaki ca. dr mulai kelenjar yg mengeluarkannya, sampai kondisi tpt keringat itu keluar.
      “Salah satu faktor yang
      mempengaruhi bau di badan
      seseorang adalah aktivitas dari
      kelenjar apokrin yang berfungsi
      meminyaki bulu dan rambut di
      tubuh. Aktivitas ini dipengaruhi
      pula oleh hormon. Umumnya bau di ketiak dan kelamin lebih menyengat
      dibanding bagian tubuh lain
      karena bulunya lebih lebat
      sehingga kelenjar apokrinnya
      lebih aktif. Disitu keringat
      bercampur dalam ruang
      tertutup sehingga memicu
      berkembang biaknya kuman”
      jadi kesimpulannya, bau badan beda dng bau kaki. kalo bau badan rata2 setiap org berbeda. kalo bau kaki, rata2 sama aja baunya gitu2 aja ca hehehe
      sumber: m.detik.com/health/read/2012/06/13/110105/1940036/775/kenapa-bau-badan-orang-bisa-beda-beda

    • Kalo memang kosmetik itu dikhusukan buat obat bau kaki, ya Insya Allag efektif Dan.. tp sebaiknya gunakan aja cara yg alami dulu. Selain lebih aman juga mudah Dan.. :)

  18. makasis achla atas infonya.. oya mau nanya kalo kita di ruanagn ber AC trus pake kaos kaki,, apa kaki kita juga bisa bau?

    • Menurut aku ya nggun.. kalo kita di ruangan ber-AC gak bakal selembab kalo kaos kaki kita basah. Justru diruang ber-AC kaki kita nggak memproduksi keringat, jd potensi untuk kaki kita bau tuh minim.. malah kaki kita jd kering..

  19. I’m really inspired with your writing skills and also with the structure on your weblog. Is this a paid theme or did you customize it your self? Anyway keep up the nice high quality writing, it is rare to see a nice weblog like this one nowadays..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: